Tips Sukses : Bisnis Sebagai Gaya Hidup

irma vania konsultan peluang usaha rumahan tips sukses bisnis sebagai gaya hidupBerbisnis atau berdagang sebenarnya bukan sekedar cari uang karena kita “kurang mampu”, bukan sekedar karena kita punya modal, bukan karena kepepet, bukan hanya sambilan.

Lalu apa tips sukses bisnis? Bisnis adalah skill atau keterampilan, maka jadikanlah berbisnis sebagai gaya hidup dan kebutuhan di jaman yang sudah berubah ini.

Profesi apapun tanpa dilandasi pemahaman tentang filosofi bisnis tidak akan mampu “menjual” profesi dan kemampuannya dengan efektif. Contohnya gampang. Untuk melamar pekerjaan pun, cara menulis surat lamaran dan curriculum vitae wajib diperhatikan demi memperbesar peluang kita bakal diterima oleh perusahaan. Emangnya yang melamar pekerjaan cuma kita? Tidak mungkin, kan… Satu lowongan pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan CV aja bisa menghasilkan puluhan lamaran masuk.

Salah satu partner kerja saya di bisnis ini, Mas Gebyar, adalah seorang kandidat Doktor di UGM. Tidak hanya itu, beliau termasuk mahasiswa berprestasi semasa kuliah sejak S1. Karier beliau juga bagus di bidang kehutanan. Tetep berbisnis, karena bisnis tidak ada kaitannya dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan kita yang lain

Ya kadang saya heran sama teman-teman yang ogah berbisnis dengan alasan tingkat pendidikan dan pekerjaan. “Saya kan cuma lulusan SMP, Mbak. Saya cuma buruh, Mbak. Saya hanya IRTbiasa. Saya cuma…. Saya hanya….” Pokoknya merendahkan diri sendiri banget, lah. Menyedihkan.

Padahal, ya, sekolah sejak TK hingga S3 di jaman kita (usia 20 tahun ke atas) tuh sama sekali tidak diajari caranya jualan dan berbisnis. Berbisnis adalah urusan skill alias keterampilan, yang artinya bisa dipelajari tanpa landasan ilmu pengetahuan yang lain. Cukup pelajari hal-hal spesifik tentang bisnis kita dan disiplin kerjakan tiap hari.

Mas Gebyar dan banyak rekan saya lainnya akan menjadi pembicara utama dalam event bisnis Moment di Yogyakarta sesaat lagi. Saya amat sangat bangga. Kelelahan akibat menyusun materi training hingga kurang tidur dan membimbing satu per satu jadi hilang melihat hasilnya yang luar biasa begini.

Saya harap Anda adalah orang berikutnya yang bisa saya bantu menapaki kesuksesan seperti ini. Alhamdulillah….

Irma Vania (0858 5206 9888 / 282064B9)

You might also like …

Bagaimana menurut Anda ?