Nasib Karyawan Tua, Haruskah Diantisipasi?

nasib karyawan tua solusi usaha sampingan surabaya irma vania

Produktivitas karyawan dipengaruhi oleh knowledge, skill, ability, attitude dan behavior. Yang namanya knowledge dan skill sangat dipengaruhi jaman. Saat ini kita mungkin masih bisa “akrab” dengan laptop, smartphone, dan berbagai aplikasi yang rumit.

Pertanyaannya, kira-kira apakah teknologi masih akan sama jika kelak seorang menginjak usia 50 tahun? Lalu bagaimana nasib karyawan tua terkait produktivitasnya saat hal tersebut terjadi? Termasuk juga bila terjadi pada Anda … Bisa jadi skill dan knowledge Anda kalah kompetitif dibanding karyawan yang jauh lebih muda.

Kecuali Anda sudah mendapat posisi bagus, ya tamat sudah kariernya. Paling-paling diminta pensiun dini.

Ah… Gak usah nunggu usia kepala lima. Usia kepala tiga pun sudah tergeser oleh anak-anak muda yang rela dibayar berapapun asalkan gajian. Di dunia kampus saya dulu pun terjadi yang seperti itu.

Kita semua perlu sadar dan perlu solusi. Harus siap jadi tua. Harus punya rencana cadangan untuk menggandakan penghasilan agar punya lebih banyak tabungan serta investasi. Menggandakan penghasilan, lho, ya, bukan menggandakan uang.

Bagaimana caranya? Menurut saya, segera menekuni usaha sampingan adalah pilihan bijak. Dengan punya penghasilan lebih, nasib kita tidak hanya bergantung dari situasi dan kebijakan kantor. Kita jadi lebih merdeka dan mandiri.

Bisnis sampingan juga bukanlah usaha recehan. Saya memutuskan untuk berbisnis distribusi nutrisi di Moment tiga tahun lalu saat masih jadi dosen. Dalam bulan pertama saya sudah dapat komisi 16 juta, hampir delapan kali lipat honor mengajar saat itu. Sekarang total penghasilan saya di sini sudah 4,3 Miliar lebih. Banyak-sedikit itu relatif, tapi nominal itu saya dapatkan hanya dengan kerja lewat HP saja, tentu banyak plus-nya. Bisa disambi dengan pekerjaan lain, lebih dekat dengan keluarga, kemerdekaan dan fleksibilitas waktu makin tinggi.

Ya, bisnis sampingan bukan berarti dikesampingkan. Bisnis rumahan bukan berarti untuk “dirumahkan” saja.

Yuk kita tata masa depan dengan bergabung bersama Moment dalam tim saya ^__^

Silahkan simak penjelasan detail saya di website pribadi saya: www.irmavania.com ya… Terutama bagian “kaya & sejahtera” jika memang itu yang Anda impikan.

Kita bisa ngobrol juga di WA/Telegram 0858 5206 9888. Sampai jumpa! ^__^

Irma Vania Oesmani
WA/Telegram 0858 5206 9888

Alamat (terdaftar di database Google):
Jl. Penjaringan Asri XV 1B/26, Surabaya

You might also like …

Bagaimana menurut Anda ?