Memilih Usaha Sampingan yang Tepat

Memilih Usaha Sampingan yang Tepat Bisnis Irma Vania OesmaniPunya banyak usaha sampingan, apakah menjamin kesuksesan?

Bagi sebagian orang, usaha sampingan menjadi kunci suksesnya. Bahkan usaha sampingannya menjadi penghasilan utama sebab hasilnya lebih besar daripada usaha atau pekerjaan utamanya.

Tapi ada juga orang yang punya banyak sampingan, namun sampai bertahun-tahun kemudian keadaan keuangan tidak banyak berubah. Sejak masih punya satu pekerjaan sampai kemudian sampingannya lebih dari satu, hidupnya masih begitu-begitu saja.

Hmm… Kira-kira itu kenapa, ya?

Mungkin, lho, mungkin saja… Usaha sampingan yang dijalankan kurang menghasilkan. Pagi kerja jadi karyawan, malam kerja sampingan A, dilanjutkan kerja sampingan B. Tapi semuanya tidak memberikan keuntungan seperti yang diharapkan. Kadang yang ada justru jadi capek di badan, lalu jatuh sakit.

Jangan ketawa, ya…. Hidup saya dulu seperti itu 😁

Pagi-sore kerja di kampus dan di jalanan untuk penelitian, sore-malam kerja jadi guru les anak-anak, Sabtu-Minggu dan tanggal merah kerja jadi guru les dan full-time untuk urusan penelitian.

Sayangnya…. Semua pekerjaan dan usaha sampingan saya itu hasilnya sama-sama sedikit sebab memang bukan “lahan basah”. Dan semuanya membutuhkan tenaga, waktu dan beban pikiran yang besar sekali. Sehingga badan saya rusak tanpa saya sadari. Berat badan naik terus sebab pola makan kacau-balau, hingga akhirnya saya didiagnosa menderita myom pada awal tahun 2013.

Lalu bagaimana memilih usaha sampingan yang tepat?

Sebenarnya kerja atau usaha sampingan itu kan yang penting bukan banyak jumlah pekerjaannya, tapi banyak jumlah penghasilannya. Itulah kemudian yang saya dapatkan sejak ketemu bisnis Moment. Dari satu bisnis online yang dulu jadi sampingan saya ini, lumayan dalam sebulan pertama saya bisa dapat profit bersih 16jt. Kemudian total 100jt dalam waktu 5,5 bulan. Di bulan kedelapan saya putuskan untuk jadi ART saja, Anak Rumah Tangga. Menemani Mama di rumah sambil lebih serius mengerjakan bisnis Moment.

Selama delapan bulan itu total hasil yang saya dapatkan dari Moment kurang-lebih 250 juta. Lumayan, kan… Pekerjaan utama kelar, kuliah S2 beres, problem keuangan sedikit demi sedikit terselesaikan juga dengan usaha sampingan ini.

Mulai sekarang, stop berpikir bahwa penghasilan besar berarti harus punya banyak sampingan. Kalau Anda menjalankan satu sampingan tapi hasilnya lebih menguntungkan, kenapa enggak? ^__^

Irma Vania Oesmani | www.themomentum.id
08585 2069 888 / 28BF9AAF
chat whatsapp irma vania
Butuh segera ngobrol soal memilih usaha sampingan yang tepat?
Jika mengakses artikel ini lewat HP, tinggal klik ikon WhatsApp di samping.

You might also like …

Bagaimana menurut Anda ?